Menu Close

Pemkab Blitar Dorong Pelaku Usaha Lakukan Ekspor Mandiri Melalui Adi Export 2021

Menurut Didi meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir, aktivitas ekonomi Indonesia harus terus difasilitasi agar segera pulih. Ekspor merupakan salah satu upaya percepatan pemulihan ekonomi, untuk itu webinar ini penting untuk mendukung peningkatan ekspor nonmigas. Selain itu, pelaku usaha juga harus bisa memastikan produksi yang kontinyu, sehingga tidak akan kelimpungan saat mendapatkan pesanan dalam jumlah yang besar.

Usaha Ekspor

Adapun total nilai ekspor 11 IKM tersebut sekitar USD 336 ribu yang terdiri atas furnitur, kopi, sukun, pelet dan kerajinan kayu, mi kering, lantai kayu, mesin pengolah makanan, produk perawatan/kecantikan, serta tepung/produk singkong. Negara tujuan ekspornya adalah Amerika Serikat, Jepang, Uni Eropa, Nigeria, Arab Saudi, Australia, dan Malaysia. Pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat mengapresiasi terpilihnya kembali Jawa Timur sebagai tempat penyelenggaraan ECP tahun 2021. Hal tersebut karena ECP mampu mendorong peningkatan nilai ekspor nonmigas Jawa Timur melalui peningkatan jumlah eksportir baru dan lama dengan pengembangan produk serta penetrasi pasar baru. “Untuk DKI Jakarta, aturan domisili juga banyak yang salah, karena seharusnya aturan ini hanya berlaku untuk perusahaan baru atau aktivitas baru yang memiliki limbah industri atau perluasan usaha,” tegas Irwandy. Webinar tersebut merupakan awal dari rangkaian serial kegiatan yang bertujuan memberikan informasi pasar dan pelatihan kepada pelaku ekspor, khususnya UKM, untuk dapat memanfaatkan peluang ekspor di pasar Jepang pada masa pemulihan Covid-19 ini.

Program ini mencakup kegiatan peningkatan kualitas produk, perbaikan manajemen produksi, daya saing produk, desain dan kemasan produk untuk tujuan ekspor, pengembangan sumber daya manusia ekspor, pengembangan pasar, dan mencari pembeli potensial. Mengekspor barang tentu menjadi impian bagi besar pengusah agar bisa go internasional. Dengan melakukan ekspor barang ke luar negeri, pemerintah juga akan mendapatkan devisa negara. Misalnya saja mulai dari melakukan riset produk, riset pasar, bahkan hingga riset pesaing atau competitor. Keberadaan SIPPO di negara terkait bertujuan untuk memgembangkan ketrampilan dan pengetahuan BSO, BSO bisa berbentuk seperti badan pengembangan ekspor dan atau sektor assosiasi. SIPPO membantu BSO agar bisa memberiakan pelayanan yang mumpuni bagi anggota atau klien nya untuk analisa pasar, acara temu dagang dan pengembangan jejaring bisnis.

Menurut Maqin, UMKM di Indonesia memiliki satu potensi yang cukup besar untuk pertumbuhan ekonomi negara. Pengurusan ijin ijin ekspor sudah terintegrasi secara online dan bisa dilakukan kapan saja dan tanpa dipungut biaya. Tidaklah sulit untuk bisa menjadi eksportir jika Pelaku Usaha dan UMKM yang sudah memiliki produk siap ekspor ingin mengembangkan pangsa pasarnya ke luar negeri. Sebagai bisnis yang berjalan tingkat internasional, Anda dapat memantau hubungan dengan konsumen melalui media sosial. Dengan akses internet yang tidak terbatas, bisnis Anda dapat dikenal lebih luas lagi oleh konsumen di belahan bumi lainnya.

Lantas, jika ada seorang pebisnis yang mau mencoba memasarkan produknya keluar negeri apa yang harus dilakukan? Tujuan Kebijakan Pengembangan atau Promosi Ekspor adalah untuk mendukung dan meningkatkan pertumbuhan ekspor. Tujuan kebijakan ini dapat dicapai dengan berbagai kebijakan, antara lain kebijakan perpajakan dalam berbagai bentuk, misalnya pembebasan atau keringanan pajak ekspor dan penyediaan fasilitas khusus kredit perbankan bagi eksportir. Supaya kita tidak menjadi pengangguran karena kurangnya kesempatan kerja maka kita dapat berupaya secara aktif sehingga menjadi produktif yang pada akhirnya kita tidak ketergantungan pada pekerjaan yang telah tersedia.

Ekspor tak langsung sangat cocok untuk para pelaku usaha kecil, produsen, maupun siapapun yang memiliki banyak keterbatasan untuk melakukan ekspor langsung. Dengan makin terbukanya dunia, cara menjadi eksportir pemula menjadi semakin mudah. Bahkan ada banyak pilihan yang bisa Anda lakukan untuk segera memulai menjalankan bisnis ekspor ini. Bahkan Anda tak harus menyiapkan modal yang besar untuk bisa menjalankan bisnis ekspor. Dengan sedikit kreativitas dan produk berkualitas, siapapun bisa menjadi eksportir.

Anda hanya membutuhkan sejumlah koneksi atau klien di luar negeri sebagai mitra dan manajemen usaha yang baik. Anda menawarkan suatu bisnis pada klien tersebut dengan prinsip saling menguntungkan. Pendek kata, bisnis ekspor impor cocok bagi anda yang pandai mempromosikan produk dan menjualnya di luar negeri.

Cukup dengan memiliki jejaring yang luas dan kemampuan advertising yang baik, seseorang bisa menembus pasar ekspor. Bagi Anda yang ingin menjadi eksportir, tidak perlu harus menjadi produsen dulu. Selain menggunakan jasa undername dari perusahaan forwarder, eksportir pemula juga bisa meminjam “bendera usaha” dari perusahaan eksportir yang sudah lebih dulu berkecimpung dalam dunia ekspor – impor. Untuk proses pengiriman ekspor, sebetulnya sama saja seperti mengirim produk di dalam negeri.

Buat konsumen lebih percaya pada bisnis Anda dengan melakukan komunikasi dan pemasaran lewat sosial media bisnis. Contohnya adalah instagram, LinkedIn, Facebook, dan beberapa media sosial lainnya yang sesuai dengan jenis bisnis Anda. Tidak memiliki latar belakang di bidang pertanian, membuat trio pendiri Java Fresh belajar banyak soal buah-buahan. Beruntung mereka mendapatkan banyak informasi oleh para petani sehingga lambat laun mengerti tentang kualitas buah. Ia bilang tugas di dalam negeri harus melihat celah produk apa yang sedang dibutuhkan oleh negara yang bekerja sama dalam perjanjian dagang. Para duta besar di luar negeri juga harus kerja keras menjual produk Indonesia.