Menu Close

Menghasilkan Di Tengah Pandemi Corona, 5 Peluang Usaha Rumahan Ini Patut Dicoba!

Berikut ini adalah jenis-jenis usaha perseorangan lengkap beserta contoh bentuk usahanya yang bisa kamu coba lakukan. Meskipun demikian, jenis usaha perseorangan ini juga tidak kalah menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit jika sang pemilik usaha dapat menjalankan bisnisnya dengan baik. Jenis usaha perseorangan ini dalam menjalankan bisnisnya tetap membutuhkan teknologi meskipun masih sederhana, modal yang cenderung sedikit, jenis produksi dan tenaga kerja yang tidak banyak pula. Sampah plastik menjadi masalah besar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berdasarkan knowledge Badan Pusat Statistik , sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan 24 persennya masih tidak terkelola.

Di samping itu, hal ini juga berdampak pada banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan. Banyak yang harus ikhlas kehilangan pekerjaan karena wabah Covid-19 yang menyerang dunia sejak akhir tahun 2019. Selain itu, pandemi juga mengubah kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belajar hingga ibadah. Aktivitas yang tadinya dilakukan di luar rumah, kini harus dilakukan di rumah masing-masing agar mengurangi kontak fisik dengan orang lain untuk mencegah penularan Covid-19. Pandemi membuat banyak pelaku usaha bangkrut dan pekerja kehilangan sumber penghasilannya.

Nah, ini bisa menjadi peluang bagi Anda dengan menjual segala kebutuhan bahan-bahan dekorasi rumah, seperti gorden, sarung bantal, tanaman hias, lilin aromaterapi/pewangi ruangan, hingga lukisan. Jika Anda memiliki keterampilan tangan, Anda bisa membuatnya sendiri dengan modal yang jauh lebih kecil ketimbang membeli produk jadi. Bila Anda mampu membuat produk yang bisa bersaing di pasaran, pasti akan ramai peminatnya. Sekarang siapa yang tidak membutuhkan masker dan hand sanitizer? Bahkan, bagi sebagian orang ada yang membawa lebih dari satu jenis di tasnya ketiga bepergian.

ide yang bisa kita buat dalam berbisnis

Berbagai alternatif ditawarkan, salah satunya biodegradable plastic atau bioplastik. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia melalui Loka Penelitian Teknologi Bersih menawarkan inovasi teknologi untuk mengatasi permasalahan limbah plastik tersebut. Kementerian Pariwisata RI menetapkan 2019 sebagai tahun sumber daya manusia . Langkah ini dilakukan seiring dengan makin berkembangnya sektor pariwisata di Indonesia.

Perkembangan bisnis startup dimulai sejak tahun 90an sampai dengan 2000 an. Perkembangan bisnis startup tidak hanya berkembang di Indonesia, namun juga berkembang secara luas di seluruh dunia. Permasalahan-permasalahan masyarakat dijadikan sebagai bisnis, karena diharap mampu menjadi solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada pada masyarakat. Selain itu, bisnis startup juga menggunakan kecanggihan teknologi sebagai alat untuk membantu proses maupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan bisnis. Untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya sangatlah sederhana. Karena sebenarnya, ide bisnis ramah lingkungan tak sulit, bahkan bisa dilakukan dengan mudah dan menguntungkan.

Banyak pengusaha yang gagal karena keuangan pribadi dan bisnis, tercampur aduk. Memasak resep baru memang tidak akan sekali jadi, apalagi jika tak memiliki basic atau ability memasak sama sekali. Baik dari modal ratusan ribu maupun puluhan juta, dua-duanya dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan bisnis.

Orang cenderung hanya tergoda peluang pasar saja tanpa memahami potensi dalam dirinya untuk mengelola sebuah bisnis. Jenis usaha ini sangat bisa dilakukan secara perseorangan jika ingin memulai usaha dengan modal yang kecil. Jenis usaha perseorangan ini juga bisa dilakukan oleh siapapun tanpa keahlian khusus sekalipun. Banyak jenis usaha dagang yang bisa digeluti, mulai dari kuliner, kecantikan, fashion, Aksesoris, furnitur, kerajinan rumah tangga, sampai barang seni. Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah sangat besar bagi perekomian Indonesia.

Bisa juga usaha yang sudah ada di pasaran namun peluangnya cukup besar. Oleh karena itu, dengan merebaknya industri kopi akhir-akhir ini banyak yang awalnya hanya peminum kopiyang lama-lama tertarik menjalankan bisnis di dunia kopi. Sayangnya banyak yang merasa kalah sebelum berperang dikarenakan tersandung modal yang besar. Padahal andai saja kalian tahu bahwa untuk memulai bisnis di dunia kopi tak melulu harus mengeluarkan modal yang besar namun jeli melihat peluang.

Selain murah, cara ini juga terbukti efektif untuk mempromosikan suatu produk. Oleh karena itu, gunakanlah media online untuk pemasaran produk kerajinan Anda. Contoh promosi produk kerajinan yang mendidik misalnya menaruh baju kotor pada tempatnya dengan menampilkan keranjang baju dari anyaman rotan.

Dengan mengimplementasikan sistem manajemen berstandar Internasional seperti ISO, membuat perusahaan memiliki nilai lebih serta meningkatkan daya saing di dunia industri. Apabila Anda memiliki skill di bidang desain grafis, maka tidak akan sulit untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara on-line. Anda bisa mempromosikan keahlian Anda secara online, baik melalui grup media sosial, maupun platform lowongan kerja tertentu. Selain menjadi dropshipper, salah satu bisnis online yang banyak digandrungi anak muda zaman sekarang adalah dengan menjadi reseller.